30 Masalah Web Security Yang Mengancam Domain Website Anda

Hallo sahabat blogdetik.org di seluruh Indonesia, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan pengetahuan dasar mengenai web security pada tingkat yang paling sederhana, sekaligus sering diabaikan atau tidak diketahui oleh banyak orang. Mengingat pembahasan mengenai web security ini masih sangat mentah maka blogdetik.org sangat berharap jika pembaca terus membaca hingga titik terakhir. Siap …. ? Yuk kita mulai………

Pertama tama mari kita ketahui terlebih dahulu makna dan konsep dasar dari web security itu sendiri. Dari asal katanya , web security itu berasal dari dua suku kata web dan security. Para ahli mengartikan web sebagai sekumpulan informasi digital yang bisa diakses secara online di seluruh dunia, sementara security diterjemahkan sebagai keamanan. Sehingga web security bisa diartikan sebagai keamanan web atau lebih mudahnya keamanan suatu website di internet.

Web security adalah keamanan website

Dengan kata lain ketika kita bicara masalah web security maka kita sama saja sedang  memikirkan keamanan suatu website dimasa kini dan memprediksi berbagai kemungkinan  terburuk dimasa depan ketika hal hal yang tidak diinginkan menimpa website yang kita kelola. Untuk memperjelas persoalan ini maka penulis ingin mengajak pembaca untuk memahami 30 masalah yang blogdetik.org rincikan di bawah ini :

1. Pastikan anda mempunyai nomor handphone yang selalu aktif

Mungkin anda bertanya apa hubungnnya nomor hp dengan masalah web security dan seperti apa perannya terhadap keamanan website anda dimasa kini maupun dimasa yang akan datang ? Percaya atau tidak , sebagian pemilik website telah mengabaikan hal ini , padahal mobile phone yang aktif sangat berguna untuk keperluan verifikasi email , data online dan beberapa keperluan validasi data.  Jika anda berfikir mobile phone tidak penting maka anda sama saja telah menyerahkan masalah keamanan web pada orang lain.

Mari cek contoh sederhananya : Mas Rudi mempunyai nomor hp yang digunakan untuk verifikasi data email di yahoo, namun karena suatu hal , ia lupa tidak pernah mengisi pulsa hingga nomor hp tersebut hangus. Suatu hari ia mengalami kesulitan ketika hendak mengecek email , bahkan Mas Rudi lupa dengan password yang dimasukkan , sehingga ia harus mereset ulang passwordnya.

Yahoo kemudian memenuhi permintaan pengaturan ulang password dan mewajibkan Mas Rudi memasukkan nomor handphone yang pernah didaftarkan. Sayang sekali Mas Rudi kebingungan , karena nomor handphone yang dimaksud sudah hangus atau bahkan ia sendiri telah lupa dengan nomor handphone tersebut. Akibatnya ia pun terpaksa kehilangan akses masuk ke emailnya sendiri . Bagaimana kalau email itu digunakan untuk mendaftarkan domain dan domain itu berhubungan dengan website yang dikelolanya ? Anda pasti tahu jawabannya kawan…

2. Gunakan Layanan Email Terpercaya dan Teruji.

Email aktif merupakan bagian tak terpisahkan dari permasalahan  web security. Yang paling ideal memang menggunakan email dengan domain sendiri , karena kita bisa mengontrol dengan leluasa dan tanpa sisipan iklan iklan yang mengganggu. Jika kita terpaksa menggunakan layanan email pihak ketiga seperti gmail , yahoo dan aol maka pastikan kita paham akan resikonya.

Lalu apa resikonya? Resiko terburuk adalah layanan layanan email tersebut tutup dan menghentikan layananya dimasa depan. Bahkan kita tak pernah tahu sampai kapan layanan email gratis tetap eksis, sehingga jika anda telah menetapkan rencana bisnis masa depan maka mulai persiapkan dengan email pribadi dengan domain sendiri sejak sekarang.

Lho untuk apa harus menggunakan email dengan domain sendiri ? Salah satunya untuk memastikan website kita tetap aman ketika layanan email gratisan gulung tikar. Sebab domain  akan terkait langsung dengan email yang terdaftar di registrar dan kita semua memahami bahwa website tak bisa dilepaskan dari domain. Sejatinya ini konsep yang sangat mendasar tetapi jauh lebih penting dipahami sebelum berfikir ke tingkat yang lebih tinggi.

3. Sewa Domain Dari Registrar/ Reseller  Terpercaya Atau Mitra Mitra Resminya

Ada begitu banyak registrar dan reseller domain di dunia , mereka berlomba lomba menawarkan bermacam macam ekstensi domain ke calon pengguna. Dari ekstensi populer seperti dot com , dot org dan dot net hingga ekstensi lain yang terus bertambah jumlahnya. Dari sisi harga pun sangat bervariasi, masing masing registrar/reseller berusaha memberikan penawaran harga terbaik dengan janji janji yang mencengangkan.

Mengingat bahwa terkadang janji tidak ditepati maka anda perlu berhati hati , anda seharusnya tidak terlena dengan janji janji yang belum bisa dibuktikan oleh registrar / reseller domain. Namun tetap gunakan akal sehat dalam membuat pertimbangan ketika ada tawaran domain murah dalam periode tertentu. Pastikan anda mendpatkan akses penuh atau kontrol total atas domain yang anda sewa agar tidak memunculkan masalah dimasa depan.

Sebab sebagian konsumen menyewa domain di tempat yang salah , mereka tak pernah diberikan kendali total hingga ketika ada gangguan keamanan pada websitenya tak mampu berbuat apa apa. Seaman apapun website anda kalau anda tak punya kontrol atas domain sama saja anda sudah menyiapkan tiang gantungan untuk bunuh diri. So… pastikan sahabat blogdetik.org selalu berhati hati , teliti dan cermat sebelum menyewa domain.

4. Pilih nama domain yang mudah diingat dan brandable

Apakah nama domain yang mudah diingat memiliki hubungan dengan web security (keamanan website ) ? Iya, di internet ada begitu banyak jebakan login dari pihak pihak yang tak bertanggung jawab , dimana mereka sengaja membuat situs jebakan yang sangat mirip dengan halaman login anda. Apa yang terjadi ketika anda salah login pada website tersebut , sementara data username dan password sudah terlanjur terekam oleh mereka?

Mereka bisa dengan leluasa masuk ke halaman dashboard website anda, secara diam diam bisa menyisipi web anda dengan virus atau hal hal ilegal lain dan mengacak acak isi website anda. Dimana hal itu mestinya tak perlu terjadi ketika anda tidak menganggap enteng saat pertama kali menentukan nama domain . Atau anda juga bisa membaca ulasan penulis sebelumnya mengenai langkah dan tips penting dalam memilih domain ideal disini

5. Miliki Pengetahuan Dasar Mengenai Manage DNS Domain

Sebagai pemilik domain (lebih tepatnya penyewa domain) , anda jangan pernah mengabaikan ketrampilan sederhana yang terkait dengan cara mengelola domain atau lebih dikenal dengan istilah manage dns. Sebab dari area inilah catatan atau record record khusus dibuat, dihapus dan diubah. Website bisa tidak berjalan ketika ada kesalahan  dalam memasukkan catatan / record atau record diam diam diubah oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pemiliknya untuk diarahkan ke situs web orang lain.

Pastikan anda mengerti cara menggunakan A record , CNAME , mengganti name server dan catatan catatan lain yang ingin anda gunakan. Langkah terbaik adalah dengan memeriksa tiap catatan / record secara berkala untuk memastikan semua berjalan dan jangan malas untuk mengubah password di member area domain yang disediakan oleh registrar atau reseller anda

6. Ketahui dengan pasti masa expired domain anda dan lakukan perpanjangan

Domain yang dibangun menjadi website tidak selamanya menjadi milik anda, sebab sejatinya anda hanya berperan sebagai penyewa dengan masa kontrak tertentu. Sebagai penyewa domain yang baik , anda harus mengetahui kapan masa sewanya akan berakhir dan segera lakukan perpanjangan sebelum tanggal jatuh tempo. Mengingat tagihan akan dikirimkan ke email terdaftar maka disini anda pun akan mendapatkan manfaat nyata ketika anda tidak gegabah dalam memilih layanan email sebagaimana sudah diulas pada point sebelumnya

7. Pelajari Cara Memindahkan Domain Ke Registrar Lain

Langkah memindahkan domain dilatarbelakangi oleh banyak alasan , diantaranya ketidakpuasan pada registrar lama , pelayanan yang buruk dan alasan tertentu lainnya. Penyewa domain memiliki hak penuh untuk memindahkan domain yang mereka sewa ke registrar manapun , sehingga anda perlu menambah ketrampilan dan pengetahuan khusus dalam mentransfer domain ke tempat yang anda inginkan. Penulis tidak akan membahas panjang lebar masalah transfer domain disini , namun pengetahuan ini sangat terkait dengan strategi tak terpisahkan dari masalah web security dimasa depan.

8. Perlakukan domain anda sebagai aset bernilai tinggi

Ketika domain anda baru selesai diregistrasi maka sebagian besar orang tidak akan terlalu meliriknya sebagai sumber kekayaan , namun saat domain itu telah berubah menjadi website terkenal dan bereputasi baik maka akan banyak orang yang menginginkannya. Supaya semua perjuangan dan kerja keras anda tidak berakhir sia sia maka pandang domain anda sebagai salah satu aset penting dan buktikan dengan berbagai tindakan untuk menjamin keamanan  website anda sendiri sejak dini (Kamu juga bisa lho mendapatkan domain gratis dengan terus membaca ulasan ini sampai selesai).

9. Jangan Pernah Mengabaikan Kebijakan ICANN

Apa itu ICANN  dan mengapa para penyewa domain harus memahami garis garis kebijakan yang diberlakukan olehnya ? ICANN merupakan singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, sebuah organisasi yang memegang kendali penuh atas keberadaan seluruh domain di dunia. Seluruh registry , registrar dan reseller punya kewajiban tunduk pada peraturan yang ICANN dan organisasi ini mempunyai wewenang dalam menghapus dan membekukan domain domain yang menyalahi kebijakan.

Dengan memahami aturan aturan yang ditetapkan ICANN  maka anda pun bisa mendapatkan tambahan pengetahuan penting , dimana pengetahuan itu bukan saja untuk mempertahankan domain anda, namun juga bisa anda gunakan dalam memanage keamanan website dimasa depan.

10. Gunakan Autentikasi 2 Langkah Untuk Mengamankan Website

Hampir semua registrar / reseller menyediakan fasilitas autentikasi 2 langkah , kesempatan itu sengaja diberikan untuk lebih meningkatkan keamanan domain maupun website anda dari pihak pihak yang tak bertanggung jawab. Panduan dan tata cara melakukan autentikasi 2 langkah sudah banyak blogger yang membahas sehingga blogdetik.org tidak mengulas rinci disini

11. Ketahui Dengan Jelas IP Server Hosting Yang Anda Sewa

Di awal mengenal layanan hosting , dulu penulis sama sekali tidak mengetahui apa itu IP Server hosting , akibatnya kebingungan ketika tiba tiba website tak bisa diakses seperti biasa akibat ada pergantian ip secara sepihak atau sengaja diubah oleh pihak lain . Tetapi pengalaman itu sangat berharga dan membuat penulis selalu mengecek ip server yang dipakai oleh perusahaan hosting yang penulis sewa.

Mengapa ip server demikian penting dan punya hubungan khusus dengan web security ? Sebab ip yang terdeteksi spam atau ip server yang masuk dalam daftar blacklist secara online bisa menurunkan kepercayaan mesin pencari seperti google dan bing serta berdampak pada penurunan posisi di hasil pencarian. Terlebih lagi ip ip server yang tidak sehat akan lebih mudah terinfeksi malware atau malah terdeteksi sebagai hal hal buruk lainnya.

Tidak hanya itu , upaya mengganggu kinerja website juga tak bisa dilepaskan dari penyerangan terhadap alamat ip server secara terus menerus. Maka anda bisa mengamankan ip server yang dipakai dengan mempercayakan hosting pada perusahaan terpercaya yang teruji dan bereputasi bagus.

12. Jangan Mudah Percaya Dengan Perusahaan Hosting Tanpa Menyelidikinya

Ini merupakan poin krusial yang perlu digarisbawahi dan diberi penekanan secara khusus. Kesalahan dalam memilih perusahaan hosting bisa mendatangkan efek buruk bagi website anda , dimana dampak buruk itu tidak bisa anda kendalikan secara otomatis.

Kenapa tidak bisa dikendalikan ? Sebab kebijakan sudah diluar jangkauan anda, namun ada di penyedia hosting yang anda percayai , maka anda harus tegas dalam menentukan pilihan layanan hosting dan prioritaskan untuk memilih perusahaan hosting murah yang aman , profesional dan berpengalaman dibidangnya.

13. Hindari Pemakaian Script Script Ilegal

Selalu ketahui dengan pasti darimana sumber script yang anda pakai pada website jika anda tidak ingin mengalami masalah keamanan website dikemudian hari . Jika anda ragu ragu dalam menggunakan script maka jangan pernah sungkan untuk berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli. Dalam hal ini anda bisa meminta bantuan pada tim support perusahaan hosting yang anda percayai.

Sebab jika anda menggunakan script script ilegal maka ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan , tim support perusahaan hosting tak akan pernah bisa membantu anda, bahkan kemungkinan besar website anda akan ditangguhkan atau dibekukan secara sepihak.

14.  Jika Anda Pengguna WordPress Maka Gunakan Plugin dan Theme Yang Terupdate

Ancaman web security pada situs berbasis wordpress bisa datang dari plugin plugin yang out of date dan tema tema yang tidak diupdate. Bebarapa plugin dan theme wordpress usang telah disisipi dengan kode kode malware, virus dan unsur berbahaya lain yang mengancam keamanan website. Sehingga pastikan anda selalu melakukan pemutakhiran plugin dan theme yang dipakai secara berkala.

15. Ganti Password dan Perkuat Password Dengan Kombinasi Yang Sukar Ditebak

Keamanan website semakin meningkat dengan rajin mengubah password secara acak , penulis menyarankan password yang panjang , berisi tanda baca , huruf kombinasi huruf besar kecil dan upayakan sampai 30 karakter yang berbeda. Terapkan untuk segala jenis password, baik untuk email , member area pengelolaan domain , manajemen hosting dan semua bagian yang memerlukan password.

Kedengarannya menyulitkan dan nampak ribet ya, tetapi menjaga keamanan memang ribet dan siapa yang peduli dengan masalah keribetan maka berarti peduli dengan keamanan domain dan websitenya sendiri. Bukankah anda tak ingin menyerahkan kunci kotak uang pada maling , so… praktekkan sejak sekarang kawan.

16. Amankan Website Anda Dengan Pemakaian Sertifikat Keamanan

Saat ini keberadaan sertifikat keamanan  telah menjadi prioritas utama untuk meningkatkan web security di seluruh dunia. Sertifikat keamanan memainkan peranan penting untuk memastikan tiap koneksi antara user dengan server selalu terenkripsi sehingga keamanan data lebih terjamin.

Praktek nyata atas  peningkatan kesadaran ini salah satunya diwujudkan dengan pemaikaian SSL (Secure Socket Layer) pada website  dalam beberapa tahun terakhir dan jumlah website yang menggunakan SSL terus meningkat. Bahkan mesin pencari google terang terangan menjadikan SSL Certificate sebagai bagian dari salah satu parameter perangkingan di hasil pencarian.

Selain itu pemakaian sertifikat keamanan ssl terbukti meningkatkan kepercayaan konsumen online , mencegah injeksi data browsing dan memastikan alamat web yang diakses menuju pada web yang sebenarnya. Sungguh sangat disayangkan beberapa ISP di Indonesia masih saja bermain main dengan skrip injeksi lewat iframe tersembunyi dengan satu tujuan untuk menampilkan iklan yang sangat mengganggu kenyamanan konsumen.

SSL Sertifikat Web Security

Tapi blogger dan pemilik website cerdas di Indonesia bisa mengatasinya dengan segera beralih untuk menggunakan sertifikasi keamanan website , saatnya beralih total dari http ke https, agar segala bentuk injeksi iklan yang dilakukan oleh beberapa ISP bisa teratasi otomatis. Karena ketika anda beralih ke sambungan aman maka skrip iframe injek dari ISP tak akan bekerja sehingga data penelusuran pengguna menjadi lebih terjamin kemanannya.

17. Segera Hapus File File Yang Mencurigakan Di Cpanel Hosting

Bersihkan semua file file yang mencurigakan dengan melakukan scanning virus secara berkala, sebab file berbahaya yang tertanam bisa menjadi pintu bagi penyerang seperti hacker hacker dengan tujuan jahat mereka. Jika diperlukan maka lakukan instalasi ulang untuk memastikan semua kesehatan semua file yang anda upload dan pastikan semua terenkripsi dengan konfigurasi yang tepat.

18. Lakukan Back Up Data Secara Berkala

Back up data secara berkala kadang dianggap tidak terlalu penting dan membuang buang waktu. Padahal untuk melakukan back up sejatinya tidak rumit. Data back up sangat membantu para pengelola website ketika sesuatu yang buruk terjadi. Seperti website berulang kali gagal akses atau down berhari hari akibat server hosting yang bermasalah , beberapa konten terhapus tanpa sengaja dan website kena hack hingga semua file hosting dihapus oleh si hacker. Data back up akan membantu anda pada saat diperlukan, sehingga perlakukan bagaikan emas yang anda simpan ditempat yang aman.

19. Luangkkan Waktu Untuk Berkomunikasi Dengan Tim Ahli Keamanan Web di Indonesia

Penulis sangat menyarankan agar anda berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli dalam masalah keamanan website seperti Dewaweb  .  Mungkin sahabat bertanya kenapa mesti ke Dewaweb , memangnya perusahaan ini bisa dipercaya dan bagaimana reputasi mereka sebenarnya dibandingkan perusahaan hosting lain di Indonesia ?

Jika mau melakukan perbandingan dari sisi usia maka Dewaweb memang bisa kalah tua dibandingkan para pendahulunya di tanah air. Tetapi dari sisi kualitas dan layanan yang diberikan , Dewaweb terbukti bisa melakukan gebrakan yang sangat cepat hingga dalam waktu singkat (kurang dari 4 tahun) sudah memiliki lebih dari 27.000 konsumen di Indonesia.

Sementara pada saat bersamaan , perusahaan hosting lain mesti berjuang mati matian untuk mendapatkan konsumen, boleh jadi jumlah klien yang berhasil diyakinkan kurang dari 27.000 meski mereka sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Namun tidak demikian dengan Dewaweb, perusahaan cloud hosting terpercaya ini sudah membuktikan sebagai The First 100% Cloud-Based Hosting in Indonesia.

Dewaweb

Sebagai penyedia cloud hosting handal , Dewaweb sangat percaya bahwa keamanan data di era online adalah segala galanya.Ditambah lagi Dewaweb percaya bahwa kestabilan dan kecepatan server benar benar diperlukan oleh konsumen di seluruh Indonesia. Sehingga tidak terlalu berlebihan ketika banyak konsumen menempatkan Dewaweb sebagai perusahaan hosting berkelas yang mampu menyajikan layanan aman,  profesional dan terpercaya.

20. Migrasikan Website Ke Perusahaan Hosting Lain Yang Lebih Aman

Penulis menyarankan agar anda memindahkan website lama ke perusahaan hosting yang lebih aman dan berstandar internasional . Perusahaan yang sangat peduli akan keamanan data para pengguna dan selalu memonitor segala aktivitas yang membahayakan website dimasa kini dan masa depan

Jangan berlama lama menggunakan layanan hosting yang bermasalah , sebab hal itu akan menjadi ancaman yang mengerikan dikemudian hari . Sebagian orang terjebak oleh layanan hosting yang mudah down , lambat dan tak pernah peduli dengan performanya. Karena fokus utama mereka hanya ingin mencari laba setinggi tingginya dari konsumen  konsumen yang sudah mempercayai dengan setulus hati.

Sahabat juga bisa mempertimbangkan layanan cloud based hosting yang ditawarkan oleh Dewaweb , sebab perusahaan ini merupakan perusahaan hosting pertama di Indonesia yang telah mendapatkan Sertifikat ISO/IEC 27001:2013 sekaligus menguatkan bukti kalau Dewaweb memang berkomitmen penuh untuk memberikan yang terbaik pada semua konsumen.
Sertifikat ISO Keamanan Website

Tentu saja tidak sembarang perusahaan bisa mendapatkan sertifikat ISO/IEC 27001:2013, karena hanya perusahaan dengaqn standar kualitas tinggi saja yang mampu mencapainya . Bahkan apa yang dicapai oleh Dewaweb sekaligus memberikan kesempatan pada pihak lain untuk melakukan audit sesuai standar yang ditetapkan

21. Buang Widgets Pihak Ketiga Yang Memberatkan Website

Atas nama keamanan website maka penulis pernah membuang semua widget yang memberatkan dan tidak memberikan nilai penting bagi pengunjung. Mengingat akses yang lambat berpotensi dan memperlemah keamanan website maka semua widgets telah dimasukkan ke tong sampah. Terbukti tingkat kecepatan website jadi lebih baik , pengunjung senang dan semua itu menjadi faktor pendukung keamanan web

22. Batasi Eksternal Link dan Bersihkan Semua Link Ilegal

Jangan sembarang memberikan link keluar dan batasi jumlah eksternal link , jika memang harus melink ke website lain maka pastikan website itu juga sudah terenkripsi dengan sambungan ssl. Dan yang tak kalah penting adalah hapus semua link keluar yang tidak relevan agar website tetap sehat,kuat, dan bersih dari spamming link

23. Pastikan Seluruh Konten Maupun File Eksternal Telah Terenkripsi

Beberapa pengguna salah dalam mengkonfigurasi ssl sehingga tidak semua konten terenkripsi . Salah satu contohnya adalah ketika pengunjung membuka https://www.sangatamankawan.com maka mereka akan dibawa ke website yang aman, tetapi pada saat yang lain pengunjung juga masih bisa mengakses halaman website yang sama http://www.sangatamankawan.com dan berakibat pada konten yang tidak terenkripsi. Untuk memastikan kedua alamat url atau lebih menuju pada satu alamat yang terenkripsi maka pastikan anda sudah melakukan setting yang benar dengan redirect semua akses http ke https misalnya lewat .htaccess

24. Ketahui Masa Aktif Sertifikat SSL Yang Anda Gunakan

Poin ini jelas sekali bahwa tiap pengguna mesti memperhatikan kapan ssl yang mereka gunakan akan expired dan bagaimana cara memperharuinya. Mengingat saat ini sudah banyak penyedia hosting yang memberikan SSL gratis dari Lets Encrypt maka anda bisa memanfaatkannya. Anda cukup menyewa dan membeli paket hosting tertentu yang support dengan free ssl

25. Belilah Sertifikat Keamanan Dari Penyedia SSL Kelas Dunia

Beberapa ahli menyarankan agar anda tetap membeli SSL meski sudah banyak pihak yang menyediakan SSL secara gratis.Jika kebetulan anda mengelola web perusahaan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi maka anda bisa membeli SSL premium atau SSL berbayar sesuai kebutuhan di lapangan. Namun jangan pernah lupa untuk membeli SSL Sertificate di Dewaweb

26. Tingkatkan Kecepatan Website Anda

Mungkin anda pernah mendengar website lambat lebih mudah dihack dibandingkan dengan website yang super cepat dengan kestabilan terbaik. Demi keamanan website anda maka singkirkan segala hal yang bisa memperlambat web, pilih server hosting yang stabil dan jangan biarkan ada file yang tidak terenkripsi agar semua berjalan lebih aman dan menciptakan kenyamanan pengunjung setia anda

27. Hindari Penggunakan Iframe di Website

Untuk menjamin tingkat web security anda lebih tinggi maka hindari penggunaan iframe, selain memperlambat website , iframe bisa menjadi ancaman keamanan ketika source kode yang dimasukkan belum terenkripsi atau dari sumber yang mencurigakan. Untuk lebih amannya maka minimalisir penggunaan iframe dan hanya gunakan iframe dari sumber terpercaya seperti embed youtube, dailymotion dan lainnya

28. Tinjau Keamanan Website Anda Dengan Tool Websecurity Terpercaya

Ada banyak tools yang bisa dipakai untuk memeriksa keamanan website, beberapa web security tool memberikan saran saran penting mengenai tingkat keamanan website anda. Anda tidak harus mempercayai semua tools, tapi pilihlah tool tool keamanan website yang sudah teruji dan selalu diupdate secara berkala

29. Percayakan Pengelolaan Website Pada Pihak Ketiga Yang Bermoral

Jika anda kebetulan mempercayaan pengelolaan website pada pihak ketika maka jangan pernah lupa untuk meminta semua akses masuk ke website, mintalah manajemen domain dan pastikan semua email yang digunakan merupakan email anda sendiri. Sehingga ketika suatu saat muncul perselisihan atau pertentangan pertantangan yang tak diinginkan maka anda tetap berkuasa penuh atas website tersebut.

30. Upgrade Pengetahuan Web Security Ke Tingkat Yang Lebih Tinggi

Buka pikiran  dengan terus belajar , baik melalui media tertulis , audio visual hingga segala hal yang bisa didengarkan oleh telinga. Sebab ketika kita berhenti belajar karena merasa website pasti sudah aman sementara tingkat kejahatan sudah lebih canggih dibandingkan sebelumnya maka anda bisa kehilangan website yang telah susah payah dibangun. Terus belajar dan belajar terus merupakan energi sejati yang memberikan kekuatan baru ditengah perubahan yang terjadi diluar dugaan.

Sebagai kesimpulan atas permasalahan web security  maka penulis sudah merangkumnya dalam satu video sederhana untuk mengingatkan kita semua betapa pentingnya keamanan website dan point lainnya yang mesti dipahami secara berkelanjutan.

Semoga bermanfaat ya…. jangan lupa follow penulis di twitter @blogdetikorg