19 Cara berjualan online di internet tanpa menjual

Bagaimana strategi dan cara menjual barang di internet secara online , adakah kiat khusus dalam berjualan online pada target konsumen agar cepat berhasil ? Ada beragam pertanyaan yang layak dijawab sebelum berjualan produk di internet hingga anda jadi sangat mahir seolah olah tidak menjual barang apapun. Menjual barang dan jasa dengan sarana internet memang ada beberapa kesamaan ketika dibandingkan dengan langkah dalam menjual barang.

Tetapi tingkat perbedaan pun banyak , bahkan beberapa strategi dahsyat yang biasanya berjalan bagus secara offline tak akan efektif saat diaplikasikan pada ranah online. Disinilah pentingnya memahami perbedaan strategi dan mengenali segmen konsumen online yang tidak bisa digeneralisasi dengan teknik biasa dalam menjual . Untuk langsung memulai jualan online, sedikit strategi menjual barang di internet berikut bisa dipraktekkan :

1 Bangun Komunitas Khusus Melalui Linkedin

Linkedin merupakan layanan yang dikenal sebagai situs untuk menjaring calon pekerja di seluruh dunia , keberadaan linkedin dipercaya oleh banyak pengguna di jagad maya dan memiliki reputasi yang bagus. Anda perlu bergabung sebagai member linkedin dan mulai membangun komunitas khusus dengan nama perusahaan atau asosiasikan dengan produk/ jasa yang hendak anda jual secara online.

Di awal pembuatan secara otomatis belum banyak yang mengetahui apa yang anda tawarkan di linkedin , anda perlu mempromosikan akun komunitas yang dibangun dengan cara mengundang orang lain untuk bergabung , mengikuti akun akun lain yang sudah lebih dulu bergabung. Bagi pengguna Indonesia maka prioritaskan untuk mengundang calon follower dari Indonesia agar nantinya mereka lebih mudah mengenal dan memahami apa yang anda tawarkan. Sebab produk cenderung tidak terjual karena susah dipahami atau salah sasaran dalam memilih calon konsumen.

2. Bergabung Dengan Layanan Facebook Page

Jika selama ini anda sudah terbiasa menggunakan facebook tetapi hanya menciptakan akun personal maka bisa segera membuat halaman fb yang profesional. Halaman facebook yang digunakan untuk berjualan online mesti didesain dengan bagus , berikan judul dan penjelasan halaman selengkap mungkin agar calon konsumen lebih bisa memahami mengenai halaman fb yang anda kelola.

Untuk meningkatkan efektivitas halaman facebook , anda wajib mencantumkan tombol call to action , dimana tombol bisa anda hubungkan dengan nomor telepon , link produk yang anda jual dan lain sebagainya. Bereskan semua bagian dan tinjau tampilan sebelum anda mengundang orang lain melakukan like. Oh ya jangan percaya dengan model like like berbayar , karena mayoritas tidak berguna. Akan lebih baik anda rutin melakukan update dan perkuat hubungan baik dengan semua member yang sudah melakukan like.

3. Persingkat Jalan Berjualan Dengan Twitter

Kunci utama berjualan barang secara online di twitter adalah pada kreativitas dalam membangun follower dan terus melakukan update secara rutin , tetapi jangan terlalu sering agar follower tidak berubah menjadi unfollow. Dua hal yang perlu ditingkatkan : perbanyak peluang untuk mendapatkan follower dan perbaiki kualitas setiap kata kata yang akan dibagikan.

Anda tidak perlu tergiur dengan layanan penyedia followers, mayoritas merupakan akun palsu yang tak akan memberi dampak apa apa pada peningkatan penjualan. Tentunya upaya menjual akan sia sia ketika orang orang yang mengikuti anda sejatinya tidak ada. Biarkan akun berkembang secara alami , anda harus terus berjuang dalam mendapatkan follower alami. 100 follower alami itu lebih baik dibandingkan ratusan ribu follower yang direkayasa.

4. Ambil Celah Instagram Untuk Berjualan

Menjual produk secara online via instagram telah dilakukan oleh banyak pengguna. Instagram sangat menonjolkan sajian berupa foto / gambar. Jika anda ingin berjualan melalui instagram maka ada baiknya untuk membangun komunikasi yang kuat dulu , jangan langsung jualan ketika tingkat respon atas status anda saja belum ada. Instagram memungkinkan semua orang untuk membangun follower, anda bisa mengajak orang lain yang sudah bergabung dengan instagram untuk mengikuti akun anda.

Sebaiknya anda pun mengikuti akun akun instagram yang anda ajak dan siapapun yang telah memfollow, jika diperlukan maka jangan pernah tiba tiba memfollow orang orang yang tidak dikenal dalam waktu bersamaan. Biarkan dulu akun anda dalam beberapa waktu , lalu setelah satu / 3 bulan mulai strategi dengan memperbanyak follower dan mengikuti akun lain yang menurut anda penting diikuti.

5. Melakukan email marketing

Seorang bisa menerapkan strategi menjual produk secara online dengan memanfaatkan email. Ada beberapa etika yang harus dipegang teguh sebelum proses email marketing dimulai. Karena kesalahan pengiriman email marekting akan menciptakan pandangan buruk terhadap produk anda. Email marketing hanya akan efektif ketika anda sudah memiliki hubungan personal yang kuat dengan calon konsumen.

Sebaliknya mengirimkan tawaran suatu produk ke orang orang yang tidak mengenal siapa dan bagaimana anda hanya akan membuang buang waktu. Bahkan email anda akan diblacklist oleh calon konsumen, dimasukkan ke bagian spam dan tak akan pernah dibaca lagi. Jadi jangan pernah mengirimkan pesan pesan promosi kepada pihak yang sebelumnya tak pernah mengenal diri anda dengan baik.

6. Maksimalkan Video Youtube Untuk Berjualan

Youtube memberi kesempatan pada semua orang untuk mengunggah video dengan jumlah tanpa batas. Selain dijadikan sebagai sarana komunikasi audio visual , youtube bisa dimanfaatkan sebagai penguat strategi dalam berjualan online. Anda bisa mengunggah video video yang berisi tawaran produk dan mengajak para penonton untuk melakukan pembelian.

Sebelum suatu video efektif dijadikan alat untuk menjual , anda perlu memperbesar peluang dengan mengajak orang menjadi subscriber (pelanggan) , tawarkan diskon khusus bagi mereka yang telah berlangganan video , memberikan like maupun dislike. Ini penting dilakukan agar calon konsumen berjalan alami , jangan pernah membenci dislike, karena itu akan menjadi sarana perbaikan dimasa berikutnya.

7. Perbesar Segmen Market Dengan Vimeo

Vimeo sebenarnya memiliki fungsi dan fitur yang hampir sama dengan youtube, cuma pengguna vimeo lebih didominasi oleh pengguna asing. Meski popularitas vimeo masih kalah jauh dengan youtube, namun bagi perusahaan yang berencana mengembangkan bisnis ke manca negara layak mempertimbangkannya. Apakah vimeo cukup mudah digunakan , utamanya bagi pengguna di Indonesia ?

Sebenarnya sangat mudah , hanya saja beberapa intenet service provider (ISP) memblokir situs vimeo , tidak jelas alasan pemblokiran , ada yang menyebut karena banyak konten konten video yang tidak pantas disana, padahal di youtube juga berkeliaran konten video video dewasa. Cara berjualan pun mudah , anda bisa mengunggah video yang berisi penjelasan mengenai produk , penawaran diskon dan lain sebagainya.

8. Jangan Sia Siakan Daylimotion

Sebagian dari anda mungkin sudah cukup familiar dengan situs dailymotion , anda bisa mengunggah video video produk yang telah dipersiapkan. Video bisa berisi tentang deskripsi atas usaha anda, pengalaman para konsumen ataupun program diskon khusus pada calon pelanggan. Karena berjualan online tak bisa dilepaskan dari yang namanya seni maka pastikan semua dirancang dengan keindahan.

Sesuatu yang indah akan disukai oleh banyak orang dan jika itu berupa produk maka cenderung diminati oleh calon konsumen , pastikan video yang anda unggah bukan video asal asalan supaya tidak menurunkan kredibilitas produk dimata konsumen. Berapa jumlah video yang dibutuhkan agar produk mudah dijual ? Tak ada ketentuan khusus mengenai jumlahnya , anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan dan pertumbuhan pasar dimasa kini.

9. Manfaatkan Situs Marketplace.

Di Indonesia ada banyak situs yang bisa dipakai untuk berjualan online seperti tokopedia , olx , bukalapak , shoppee lazada, blibli dan lainnya. Tiap situs menetapkan ketentuan berbeda dan menawarkan keunikan tersendiri, tetapi mereka selalu membuka diri dengan pihak manapun yang bersedia menyetujui ketentuan. Situs marketplace lebih banyak dikuasai oleh pemodal asing , hanya keberadaannya saja yang ditempatkan di Indonesia.

Bagi perusahaan lokal  tidak harus mati matian mengeluarkan semua biaya untuk berjualan di marketplace, karena kemungkinan perubahan bisa terjadi sewaktu waktu sebagaimana yang dilakukan oleh tokobagus.com beberapa tahun lalu saat berganti jadi olx. Perusahaan dalam skala kecil , menengah dan besar bisa mulai mempertimbangkan untuk membangun marketplace secara mandiri agar bisa lebih bebas dan tidak terkekang oleh aturan kaku.

10. Kombinasi Menjual Online dengan Forum Jual Beli

Beberapa forum lokal memberi ruang pada para pelaku usaha untuk berjualan online, anda bisa membuat post yang berisi tawaran barang dan jasa pada kategori yang disediakan. Penting dicatat bahwa tiap forum jual beli mempunyai persyaratan , sebelum berjualan luangkan waktu untuk membaca ketentuan agar anda bisa mengatur strategi dan tidak melanggar ketentuan forum.

Apakah jualan di forum efektif ? Tiap orang memiliki pengalaman berbeda beda, ada yang mengatakan lumayan , ada yang berkata biasa saja dan  ada pula yang berpendapat tingkat respon standar saja. Untuk membuktikan pernyataan maka anda perlu mencobanya , karena pengalaman tiap pengguna akan berbeda, buktikan dengan mulai berjualan lewat satu hingga 3 forum yang berbeda lalu bandingkan hasilnya.

11. Produk Review Pada Beberapa Platform Online

Ada sejumlah platform yang membuka diri sebagai tempat untuk mereview produk secara online.Namun sebelum produk direview , layanan menetapkan  standar dan ketentuan , termasuk kualitas, popularitas brand dan keberadaan produk dimasa lalu. Untuk produk tanpa merk akan cukup kesulitan dalam mendapatkan review dan anda tak perlu memaksakan diri dengan layanan seperti itu ketika belum menyiapkan produk berkualitas.

12. Membangun Layanan Afiliasi Online

Afiliasi cukup terkenal di kalangan pebisnis online dan sampai kini masih dijadikan sebagai salah satu strategi dalam menjual barang di internet. Bagi anda yang sudah memiliki produk bagus , diterima oleh konsumen dalam jumlah masih maka bisa menawarkan layanan afiliasi dengan pembagian keuntungan tertentu. Tetapi harap dipahami , orang cenderung tidak suka ditawari untuk menjadi afiliasi meskipun sudah diset dengan komisi besar dan dijanjikan bermacam macam keuntungan. Anda bisa mencoba strategi ke-13 berikut ;

13. Tawarkan Free Reseller Tanpa Biaya.

Ada banyak pelaku usaha yang sukses berjualan dengan sistem reseller. Mengingat pengguna online kian cerdas dan menuntut layanan layanan yang lebih berkualitas maka anda harus mengubah sistem reseller yang selama ini ditetapkan dengan biaya tertentu. Berikan kesempatan pada semua orang untuk menjadi reseller produk anda , jangan bebani dengan biaya minimal karena berjualan online sejatinya tidak semudah yang dibayangkan.

Reseller free akan lebih diminati dibandingkan model model afiliasi , dengan menciptakan reseller secara gratis maka anda tetap bisa mendapatkan untung maksimal dan terus bangun hubungan yang baik dengan semua orang yang telah menjadi reseller anda. Cara membangun hubungan bukan hanya mengirimkan email email sampah ke member reseller , tetapi lakukan komunikasi personal layaknya berbicara dengan sahabat di ruang tamu.

14. Buat Aplikasi Khusus

Seorang yang sukses berjualan online umumnya karena memberikan manfaat lebih kepada calon konsumen. Manfaat  lebih itu bisa berupa layanan gratis , layanan tambahan yang lebih baik dan beberapa fitur unik yang menjadi keunggulan suatu produk. Sebagai penjual online, anda bisa membuat aplikasi gratis sebagai hadiah bagi calon konsumen ataupun dijadikan sebagai salah satu faktor penarik.

Misal , anda berjualan produk pelangsing badan , cobalah membuat aplikasi pengukur kalori yang bisa didownload oleh calon konsumen.Beri nama aplikasi yang anda buat dengan nama unik atau kaitkan dengan nama produk anda dan lacak semua konsumen yang sudah mengunduh untuk keperluan promosi dimasa berikutnya.

15. Buatlah Sebuah Blog / Website

Jika anda ingin lebih berhasil dalam menjual produk secara online maka wajib memiliki blog profesional. Blog bukan hanya sarana berbagi tulisan , tetapi bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing seperti berjualan , merekrut member dan membangun loyalitas konsumen. Anda bisa menjelaskan detail setiap produk dengan lebih rinci secara teratur dan tak perlu takut atas batasan ketentuan sebagaimana berjualan di situs lain.

Untuk membangun blog yang efektif , anda harus siap berjuang dan konsisten dalam melakukan update konten , anda bisa meninjau ulasan blogdetik.org mengenai langkah dan cara membuat blog supaya lebih sukses bisa dibaca sampai tuntas disini.

16. Bangun Toko Online Yang Tangguh

Untuk bisa berjualan melalui toko online, maka tahap pertama yang mesti dilakukan adalah menyiapkan toko online yang berdaya jual. Tidak semua tawaran mengenai toko online berguna , karena sebelum toko online beroperasi maka anda perlu membangun terlebih dahulu basis customer, anda mesti membangun traffic kunjungan yang memadai agar mampu menjual barang.

Sebab sebagus apapun toko online anda dan sebaik apapun kualitas produk yang dijual tidak akan laku ketika pengunjung saja tak mau datang. Apalagi kalau hanya memajang produk dengan harga harga dan tawaran diskon besar besaran. Pastikan anda pun tak pernah lupa untuk mengenalkan toko online anda pada sebanyak mungkin orang dan ubah strategi lama hanya duduk menunggu konsumen berdatangan.

17. Kerja Sama Dengan Blogger

Berjualan online sudah dipastikan karena mengharapkan imbalan finansial berupa keuntungan dalam jumlah tertentu. Dalam upaya tersebut, seorang penjual bisa mengajak kerja sama dengan para pemilik blog (blogger) untuk ikut memasarkan produknya. Kerja sama tentunya harus yang menguntungkan kedua belah pihak , jangan pernah mengajak kerja sama dalam bentuk janji , karena blogger tak akan menerima tawaran tersebut.

Sebelum mengajak kerja sama maka pastikan anda sudah menyiapkan anggaran , tawarkan pada blogger yang anda pandang layak diajak kerja sama dan berikan pembayaran sebelum kerja sama dimulai. Anda bisa meminta blogger untuk mereview produk anda , membuat penjelasan yang lengkap mengenai fitur dan keunggulan produk hingga hal lain  yang bernilai bisnis. Blogger yang berpengalaman lebih memahami pasar online dibandingkan dengan orang orang dengan basic pendidikan diploma / sarjana di bidang marketing tetapi belum pernah praktek.

18. Memperkuat Relasi Dengan Whatsapp

Pengguna WA terus bertambah dan seolah menggantikan sarana komunikasi yang sudah biasa dilakukan.Hanya saja WA bukan satu satunya strategi , pada level tertentu keunggulan WA tidak bisa menjawab kebutuhan marketing lain yang diperlukan oleh konsumen. Penawaran produk lewat wa terkadang hanya memunculkan penanya penanya yang sebenarnya tidak memerlukan produk anda.

Banyak yang bertanya tetapi penjualan tak ada merupakan situasi yang menyedihkan, bagi anda yang mengandalkan wa sebagai cara berjualan online maka alangkah baiknya mulai mengubah strategi , karena wa lebih cocok dipakai untuk komunikasi dengan orang tanpa adanya tujuan yang mengandung keuntungan finansial. Sehingga tetap hati hati dan jangan membuat tawaran bombastis melalui WA supaya anda tidak dibenci orang lain.

19. Miliki Produk Berkualitas Yang Super Bermanfaat

Berjualan online akan lebih mudah dikerjakan ketika anda menawarkan produk yang dicari banyak orang.Beberapa saluran jualan tidak memungkinkan anda mengetahui dengan persis kenapa calon konsumen menemukan produk anda , namun produk yang super bermanfaat hampir selalu bisa dikenali oleh calon konsumen. Mulai sekarang anda bisa meninjau apa sich keunggulan produk anda, mengapa orang harus memiliknya.

Jika anda berjualan online pada produk produk yang tak jauh beda dengan barang lain maka akan sangat berat mendapatkan keuntungan maksimal. Keunggulan dan keunikan produk harus terus dikenalkan ke sebanyak mungkin calon konsumen agar nantinya mereka berubah jadi customer loyal yang terus berbelanja dimasa berikutnya.

Itulah secuil strategi dan langkah yang bisa dikerjakan ketika anda ingin berjualan online di internet  blogdetik.org hanya bisa mendoakan semoga barang barang yang anda jual bisa cepat laku , terus kembangkan kreativitas dalam berjualan , karena konsumen di era milineal tidak akan terlalu mempermasalahkan apa merk suatu produk , mereka menghendaki penjual yang memahami kebutuhan dalam waktu lebih cepat dibandingkan sebelumnya.